Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Orang Meninggal akibat Gempa di Aceh

Kompas.com - 22/01/2013, 09:16 WIB
Mohamad Burhanudin

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Satu orang dilaporkan meninggal dunia dan dua lainnya luka-luka akibat gempa bumi berkekuatan 6 skala Richter (SR) yang mengguncang sejumlah wilayah di Aceh, Selasa (22/1/2013), sekitar pukul 05.22.

Para korban adalah satu keluarga warga Desa Mane, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Jarwansyah mengatakan, korban yang meninggal dunia bernama Tutia Rahmi (9).

Tiga korban luka-luka adalah Ibu Tutia, Mariana (30) dan kakaknya, Raudhatul Jannah (12). Mereka adalah anggota keluarga Agus Salim, yang selamat dalam kejadian tersebut karena sedang pergi ke ladang.

Para korban meninggal dan luka akibat tembok rumah mereka runtuh. "Sebenarnya, tadi saya mendapatkan kabar tiga orang meninggal dunia. Tapi, baru satu yang sudah ada laporannya. Kemungkinan masih ada korban lain. Tim kami masih terus mengumpulkan data," kata Jarwansyah.

Di Kabupaten Pidie, gempa juga mengakibatkan sejumlah rumah dan masjid rusak. Kondisi kerusakan terparah terjadi di Kecamatan Mane, Tangse, dan Geumpang, Kabupaten Pidie. Diperkirakan ada sejumlah warga yang mengalami luka-luka akibat terkena reruntuhan tembok rumah.

"Kami masih akan memastikan berapa jumlah korban dan rumah yang rusak," tambah Jarwansyah.

Gempa bumi berkekuatan 6 SR mengguncang sejumlah wilayah di Aceh, Selasa (22/1/2013) sekitar pukul 05.22. Gempa yang terjadi bersamaan dengan datangnya azan Subuh tersebut berpusat di 5,49 Lintang Utara dan 95,21 Bujur Timur, atau sekitar 15 kilometer barat daya Kota Banda Aceh. Kedalaman gempa tercatat 84 kilometer di bawah permukaan laut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com