Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian 4 Awak KM Bintuni 21 di Kampung Pisang Masih Nihil

Kompas.com - 22/01/2013, 01:44 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Pencarian 4 awak KM Bintuni 21 yang dilakukan Tim SAR gabungan dalam radius 45 knotikal mile dari lokasi karamnya kapal, sepanjang Senin (21/1/2013), belum membuahkan hasil. Hari ke-5 operasi pencarian 4 awak KM Bintuni 21, dari pos TNI AL di Poumako, Timika dengan melibatkan 8 kapal ikan dari PT Avona Mina Lestari, dimulai sekitar pukul 06.30 WIT pagi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, berdasarkan evaluasi pencarian hari ke-4 di Posko SAR gabungan kemarin, bahwa pencarian akan diperluas hingga radius 45 knotikal mile dari lokasi karamnya KM Bintuni 21. 6 kapal ikan, 3 diantaranya mengangkut perahu karet melakukan pencarian di perairan Laut Arafuru dari Pelabuhan Poumako hingga Kampung Pisang, Pulau Tiga. Sementara 2 kapal lainnya melakukan pencarian ke arah utara hingga Kampus Biru, muara Pulau Kokonao, Kabupaten Mimika.

Dalam operasi pencarian sepanjang hari tadi, awak kapal ikan yang masing-masing berjumlah 15 orang, menyebar di kapal memperhatikan perairan Laut Arafuru mencari petunjuk kemungkinan menemukan 4 rekan mereka. Di perairan Pulau Tiga, Tim SAR gabungan dari Basarnas Timika, TNI AL, bersama sejumlah awak kapal ikan, sempat melakukan pencarian di pesisir Kampung Pisang, Pulau Tiga dengan menggunakan perahu karet. Namun pencarian yang berlangsung sekitar 3 jam belum membuahkan hasil, bahkan Tim SAR gabungan mengaku tidak bertemu seorang pun penghuni kampung.

Menurut keterangan Haenan, Kapten KM Avona 25, pencarian di Kampung Pisang berdasarkan petunjuk dari temuan barang-barang yang hanyut dari KM Bintuni 21 serta petunjuk dari paranormal yang sempat mereka hubungi.

Dalam operasi pencarian yang dilakukan sepanjang hari ini, cuaca di Laut Arafuru cukup bersahabat, gelombang laut berkisar 1 hingga 2 meter berbeda dengan beberapa hari sebelumnya yang bisa mencapai 5 meter.

Di Muara Poumako, masih terlihat anjungan kapal KM Bintuni 21 yang menyembul ke permukaan air, diantara gelombang tinggi yang tidak beraturan. Rencananya operasi pencarian Tim SAR gabungan dilanjutkan Selasa besok dengan memfokuskan pencarian di daerah sekitar Pulau Bidadari dan Pulau Puriri, lokasi penemuan 11 awak Jumat lalu (18/1/2013).

Pencarian ini kemungkinan akan diikuti pihak PT Avona Mina Lestari bersama keluarga awak KM Bintuni 21 yang akan datang dari Avona, Kabupaten Kaimana. 4 awak KM Bintuni 21 yang belum ditemukan yakni George M. Uliselan (Masinis), Andrianus Nomai (Kelasi), Heri Santoso (Kelasi), dan Makmuri (Koki).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com