Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Jakarta, 20 Orang Meninggal, 45.954 Masih Mengungsi

Kompas.com - 21/01/2013, 21:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir di wilayah Jakarta yang terjadi sejak Selasa (15/1/2013) hingga saat ini telah menimbulkan korban jiwa, kerugian, dan kerusakan pada banyak sektor. Tercatat, sebanyak 20 orang meninggal dunia hingga hari ini akibat banjir, baik langsung maupun tidak langsung.

"Secara langsung artinya korban meninggal karena hanyut ke sungai, dan tidak langsung karena dampak sekunder, seperti kesetrum listrik, sakit karena usia, kekurangan oksigen karena menghirup gas karbon monoksida dari genset di ruangan tertutup," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (21/1/2013) malam.

Dari 20 orang yang meninggal, dia melanjutkan, sebagian besar justru meninggal di lokasi yang jauh dari sungai-sungai yang meluap. Korban tersetrum listrik karena berada di rumah atau tempat yang terendam banjir.

Selanjutnya, kata Sutopo, meskipun sebagian besar banjir sudah surut, hingga sekarang masih terdapat 45.954 pengungsi. Sebagian mengungsi karena rumahnya masih terendam banjir dan masih perlu pembersihan lingkungan. Dari jumlah itu, 17.237 pengungsi terdapat di Jakarta Utara, 22.315 orang di Jakarta Barat, 1.268 orang di Jakarta Pusat, 1.442 orang di Jakarta Timur, dan 430 orang di Jakarta Selatan.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com