Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Kuta Dikepung Ratusan Ton Sampah

Kompas.com - 21/01/2013, 15:25 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com -- Memasuki musim angin barat, Pantai Kuta kembali dikepung sampah kiriman dari berbagai kabupaten di Bali seperti Tabanan, Jembrana hingga Banyuwangi. Ratusan ton sampah berbagai jenis mulai dari balok kayu, rumput laut hingga batok kelapa dalam dua hari terakhir menumpuk di bibir pantai mulai dari Kuta, Legian hingga Petitenget.

"Sampah ini mulai dari kemarin pagi. Kemarin sudah dibersihin, tapi tadi malam datang lagi," ujar Gusti Astawa, Koordinator Unit Reaksi Cepat (URC) DKP Badung saat ditemui di Pantai Kuta, Senin (21/01/2012) siang tadi.

Petugas DKP Badung harus mengerahkan 4 alat berat dan 30 truk yang disebar di pantai Kuta, Legian dan Seminyak untuk mengumpulkan dan mengangkut seluruh sampah tersebut.

"Sementara ditampung di sini (bibir pantai), besok baru dibawa ke TPA," jelas Astawa.

Karena sampah terlalu banyak, petugas DKP memprioritaskan untuk mengumpulkan sampah pada satu titik kemudian dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung. Sebanyak 20 petugas DKP Badung dikerahkan untuk membersihkan sampah-sampah yang mengotori pantai ini. Mereka bekerja nonstop dari pagi sampai malam, karena sampah kiriman yang datang secara terus menerus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com