Kompas.com - 21/01/2013, 14:16 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KEDIRI, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kediri Kota, Jawa Timur, menangkap Delep Yanto (40), seorang penambang pasir yang biasa beroperasi secara ilegal di areal Sungai Brantas wilayah Mojo, Kabupaten Kediri. Dalam penangkapan warga Petok, Kecamatan Mojo itu turut diamankan berbagai peralatan pertambangan.

Kepala sub bagian Humas Polres Kediri Kota, Ajun Komisaris Surono mengatakan, Delep Yanto diamankan saat melakukan aktivitas pertambangan di Kecamatan Ploso, Minggu (20/1/2013). " Awalnya dari informasi warga," kata AKP Surono, Senin (21/1/2013).

Beserta penangkapan Delep Yanto itu, juga diamankan empat rekan pelaku yang membantu aktivitas pertambangan. Kini kelimanya masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Kediri Kota. Sedangkan barang buktinya berupa empat buah mesin diesel yang digunakan menyedot pasir, pipa paralon beragam ukuran, lempengan pengayak pasir, serta satu jeriken berisi minyak solar, sudah disita dan disimpan di ruang barang sitaan mapolres.

Pertambangan pasir di Sungai Brantas dilarang karena dapat mengganggu ekosistem sungai maupun merusak bangunan yang berada di sekitar sungai. Sebuah jembatan jalur provinsi yang berada di wilayah Semampir Kota Kediri bahkan mengalami penurunan pondasi akibat aktivitas pertambangan. Para pelaku pertambangan ilegal itu akan dikenakan pasal dalam Undang-undang Lingkungan Hidup. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.