Kompas.com - 21/01/2013, 07:47 WIB
|
EditorKistyarini

MOROTAI, KOMPAS.com - Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Leowatimena Morotai, Mayor PNB Adi Fitrah tak bisa berbuat apa-apa saat ratusan warga Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara mencabut patok lahan Bandara milik TNI AU di Morotai. Aksi tersebut ini buntut dari kekecewaan warga atas penghinaan terhadap Bupati Pulau Morotai Rusli Sibua oleh Danlanud Leowatimena Morotai, Mayor PNB Adi Fitrah, Selasa (15/1/2012).

Hingga Minggu (20/1/2013), sudah tercatat 104 buah patok lahan milik TNI AU dicabut oleh warga setempat. Awalnya warga memprotes penghinaan terhadap Bupati Morotai dengan melakukan aksi demo di Markas Lanud Leowatimena. Ratusan PNS bahkan pejabat juga turun ke jalan melakukan orasi.

"Iya kami tahu itu (cabut patok). Tapi bagi saya itu adalah konsekuensi atas kesalahan saya karena menyampaikan kata-kata yang tidak semestinya saya katakan," aku Danlanud Adi Fitrah kepada wartawan, Sabtu (19/1/2012).

Adi Fitrah mengatakan, pihak TNI AU tidak membiarkan pihak manapun untuk mencabut patok lahan milik warga. Tapi TNI AU juga belum bisa berbuat banyak saat warga mencabut 104 buah patok. "Kita biarkan dulu ini berjalan, saya bilang tadi kan ini merupakan konsekuensi," lanjut Adi Fitrah.

Menurut dia, pihaknya bersama Pemkab Pulau Morotai beserta tokoh masyarakat Morotai telah bersepakat akan menunggu keputusan Pemerintah Pusat terkait sengketa lahan antara TNI AU bersama Pemkab Pulau Morotai dan masyarakat Morotai.

"Nanti kalau sudah ada keputusan dari pusat kita semua akan terima, termasuk warga juga harus terima. Bila ada warga yang membangun di kawasan bandara setelah ada keputusan dari pusat kalau harus digusur ya digusur," tegas Adi Fitrah.

Karena itu dia meminta warga Pulau Morotai juga berlapang dada bilamana keputusan Pemerintah Pusat nanti tanah yang diklaim warga itu menjadi milik Lanud Leowatimena. Adi Fitrah juga berharap adanya peran tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk Pemda Morotai dalam mensosialisasikan masalah ini pada masyarakat secara keseluruhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X