Kompas.com - 18/01/2013, 17:06 WIB
Penulis Adi Sucipto
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

LAMONGAN, KOMPAS.com- Selama tahun 2012, izin usaha yang diberikan Pemerintah abupaten Lamongan, Jawa Timur, meningkat dibandingkan tahun 2011.

Pada tahun 2012, tercatat 1.350 Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang diterbitkan naik dibandingkan 2011 sebanyak 1.172 SIUP. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang diterbitkan pada 2012 sebanyak 1.256 TDP, sedangkan 2011 sebanyak 1.085 TDP. Izin reklame meningkat dari 306 menjadi 362 pada 2012.     

Inovasi pelayanan perizinan juga meraih penghargaan Investment Award 2012 dari Gubernur Jawa Timur dengan predikat Terbaik I Pelaksanaan Pelayanan Penanaman Modal Bidang Pelayanan Perizinan pada 15 Januari lalu.  

Lamongan akan diikutsertakan Pemerintah Provinsi Jatim dalam kegiatan promosi investasi ke luar negeri bersama Gresik, Sidoarjo dan Malang. Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Lamongan dinilai layak menerima penghargaan tersebut karena inovasi perizinan yang dilakukan, seperti kesanggupan BPMP untuk mengantarkan perizinan jika terjadi keterlambatan penyelesaian.

Khusus pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), BPMP memberikan dispensasi pembuatan gambar bangunan di setiap Hari Kamis. Pelayanan perpanjangan SIUP dan TDP cukup melalui telepon.

Bupati Lamongan, Fadeli mengatakan Lamongan kondusif untuk berinvestasi. Investor yang akan membuka usaha di Lamongan pasti akan dipermudah segala perizinannya.

"Tinginya investasi yang masuk tentu akan mempercepat tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lamongan," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.