Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roy Suryo Antisipasi Penyakit Pascabanjir

Kompas.com - 17/01/2013, 20:32 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo melakukan kunjungan ke kawasan banjir, Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (17/1/2013) siang. Pria yang baru dilantik menggantikan Andi Mallarangeng itu menjelaskan upayanya mengantisipasi ancaman penyakit pascabanjir.

"Biasanya ada pes, kolera. Saya akan lapor ke atas, misalnya Menko Kesra, agar berkoordinasi dengan Menkes dan yang lain," ujar Roy saat mengunjungi rumah korban banjir, Kamis siang.

Hal itu mendorong Roy datang ke kawasan banjir untuk mengumpulkan informasi sebagai langkah dasarnya melakukan koordinasi dengan kementerian lain. Selain itu, Roy juga mengimbau kepada warga yang masih bertahan di dalam rumahnya agar bersedia dievakuasi oleh petugas. Jika warga bersikukuh tak meninggalkan rumahnya, hal itu dapat membahayakan warga sendiri karena arus Sungai Ciliwung deras.

Roy mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan organisasi kepemudaan akan turut membantu proses evakuasi warga. "Kalau masih ada akan kami koordinasikan semua untuk turun dan bergerak. Apalagi, menurut komunikasi saya dengan BMKG, ini belum puncak, masih ada bulan-bulan akhir," ujarnya.

Dalam kunjungannya hari ini, Roy juga memberikan sejumlah bantuan ke posko pengungsi di Kampung Melayu. Roy memberikan makanan siap saji untuk makan siang para pengungsi. Saat kunjungan Roy pada 14.30, genangan air di wilayah tersebut mencapai kedalaman 4 meter. Akibatnya, ratusan rumah yang ada di bantaran sungai masih terendam dan warga belum bisa kembali ke rumahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com