Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aliansi Rakyat Kaltim Tentang Perpanjangan Kontrak Blok Mahakam

Kompas.com - 17/01/2013, 19:37 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Sekitar 50 orang yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Kaltim untuk Blok Mahakam, menggelar aksi menentang rencana perpanjangan kontrak pengelolaan migas di Blok Mahakam oleh perusahaan asing, Kamis (17/1/2013) di Balikpapan.

Wahdiat, ketua aliansi tersebut, saat berorasi di Simpang Tiga Sepinggan, Balikpapan, mengutarakan, sudah terlalu lama perusahaan asing, menguasai pengelolaan sumber migas Blok Mahakam. Saatnya negara menguasai pengelolaan dan mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Kontrak pengelolaan blok Mahakam sampai 2017, jangan lagi diperpanjang. Jadi tahun 2017 kita (Indonesia) mesti bisa mengelola. Tak ada alasan kita tak mampu. Kit a akan sejahterakan masyarakat Kaltim. Kita tak akan pernah dijajah asing lagi. Kita tidak akan mau dijajah asing lagi. Hidup Indonesia, hidup kaltim," serunya.

Aksi dilakukan bersamaan harinya dengan peresmian lapangan gas South Mahakam Total E&P Indonesie, perusahaan migas dari Negara Prancis, di Senipah, Kabupaten Kutai Kartanegara. Senipah sendiri termasuk dalam area Blok Mahakam.

Usai orasi, diputar keras dua lagu kerakyatan yang dipopulerkan grup Swami, yakni Bongkar dan Bento. Suara yang cukup keras dari speker di atas bak pikap itu, menyita perhatian sebagian masyarakat. Bongkar merupakan ciptaan Iwan Fals dan Sawung Jabo, sedangkan Bento ciptaan Nanoe/Sawung Jabo/Iwan Fals/Naniel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com