Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status DIY, Siaga Darurat Bencana Cuaca Ekstrem

Kompas.com - 17/01/2013, 15:24 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Per 9 Januari 2013, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan status Yogyakarta menjadi siaga darurat bencana cuaca ekstrem. Status ini ditetapkan setelah melihat kondisi cuaca di DIY dalam beberapa bulan terakhir.

Cuaca ekstrem yang melanda DIY ditandai dengan terjadinya angin puting beliung, tanah longsor, dan banjir dalam beberapa bulan terakhir. Komandan TRC BPBD DIY Pristawan mengatakan, Kamis (17/1/2013), status siaga darurat sudah ditetapkan sejak 9 Januari 2013.

"Dengan meningkatnya status DIY akhirnya BPBD DIY merasa perlu melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan tidak kalah penting lagi adalah menyiapkan relawan karena mereka memegang peranan penting dilapangan," terang Pristawan saat ditemui di acara sosialisasi siaga bencana ekstrem, Kamis (17/01).

Pristiawan menambahkan akan ada 50 titik pantauan yang didirikan di DIY. "Titik-titik tersebut akan memantau kondisi dan situasi di wilayah yang berpotensi bencana. Titik pantauan ini sebagai tindakan kesiapan relawan menyikapi status siaga darurat bencana ekstrim yang ditetapkan," papar Pristawan.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Kodim 0732 Letkol Satrio Pinandojo menyatakan kesiapan anggotanya mengantisipasi potensi bencana akibat cuaca ekstrem. "TNI selalu siap dan siaga. Ada sekitar satu pleton pasukan yang disiapkan, namun jika terjadi bencana besar kita siap mengelar pasukan," jelas Satrio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com