Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Berupaya Menjaring Wisatawan India

Kompas.com - 17/01/2013, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia berupaya menjaring lebih banyak kunjungan wisatawan asal India tahun ini melalui ajang South Asia Travel & Tourism Expo (SATTE) yang digelar di New Delhi, India, 16-18 Januari 2013.

Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), M. Faried, yang memimpin delegasi Indonesia dalam ajang SATTE dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (16/1/2013), mengatakan pasar India merupakan segmen pasar wisata alternatif yang sangat potensial.

"Saat Eropa dan Amerika mengalami resesi maka kita perlu membuka lebih banyak pasar alternatif, dan India salah satu yang potensial," katanya.

Oleh karena itu, keikutsertaan Indonesia dalam ajang SATTE dinilainya sangat strategis dan penting. Apalagi SATTE merupakan bursa pariwisata terbesar di India yang diselenggarakan sejak 1992. "Ini kesempatan keenam kami mendampingi pelaku pariwisata Indonesia untuk ikut South Asia Travel & Tourism Expo (SATTE) yang digelar di New Delhi," katanya.

Para pelaku industri pariwisata dari 48 negara mengikuti acara itu di antaranya datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia. "Sebanyak 11 pelaku usaha pariwisata Indonesia yang terdiri dari 9 Biro Perjalanan Wisata dan 2 usaha perhotelan mengikuti acara ini," katanya.

Faried mengatakan, selama ini potensi pasar India tergolong menjanjikan dengan pertumbuhan yang positif dari tahun ke tahun.

Sepanjang 2013, Kemenparekraf menargetkan wisatawan asal India yang berkunjung ke Indonesia bisa melampaui 200 ribu orang. "SATTE ini menjadi salah satu kesempatan kita untuk mempromosikan pariwisata Indonesia kepada calon wisatawan di India sehingga kita harapkan mereka tertarik untuk berkunjung ke tanah air," tambah Faried.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com