Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Benanain Setiap Tahun Meluap

Kompas.com - 16/01/2013, 21:10 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Bencana banjir setiap musim hujan akibat meluapnya Sungai Benanain, terjadi di Kecamatan Malaka Barat dan Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, NTT. bencana alam rutin itu telah terjadi belasan tahun ini. Banjir itu menjadi momok bagi Malaka yang merupakan daerah otonomi baru hasil pemekaran.

Dana tidak sedikit akan tersedot ke penanggulangan Benanain. Karena itu khusus bencana Benanain, akan ditanggulangi pemerintah pusat. Pemkab Malaka fokus pada penataan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat.

Direktur Yayasan Peduli Sesama NTT, Isidorus Kopong Udak, di Kupang, Rabu (16/1/2013), mengatakan, banjir Benanain itu butuh penanganan oleh tim khusus yang dipimpin pemerintah pusat.

"Dana APBD kabupaten Malaka tentu masih kecil, sebagai kabupaten pemekaran. Jika mereka dipaksa langsung menanggulangi Benanain dengan dana itu, sektor lain pasti terabaikan," kata Udak.

Penanggulangan banjir Benanain harus dari hulu sampai hilir. Perusakan pohon di perbukitan harus dihentikan, dan penanaman hutan di wilayah pedalaman yang sudah rusak kembali diintensifkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com