Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencuri Motor Ini Beraksi Saat Tawuran Meletus

Kompas.com - 16/01/2013, 17:58 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Keadaan mencekam akibat tawuran, tidak disia-siakan oleh dua pencuri motor untuk beraksi. Mereka membawa kabur motor milik Iwan Subekti yang berlari mencari tempat aman saat tawuran berkecamuk pada malam tahun baru lalu di kawasan Tol Suramadu, kawasan pinggiran Surabaya.

Kedua pencuri motor warga Jalan Kapas Madya Surabaya tersebut adalah S alias Doweh (38), dan F (24). Saat semua orang sibuk mencari tempat aman untuk berlindung dari amuk massa yang terlibat bentrok, keduanya justru mencari akal untuk memmbawa motor korbannya.

''Motor korban didorong dari belakang menggunakan kaki oleh motor yang dibawanya, seolah-olah motor tersebut mogok dan salah satunya membantu mendorong,'' kata Kasat Resmob, Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Heru Purnomo, Rabu (16/1/2013).

Setelah berada di lokasi aman, motor kemudian dibawa dan disimpan di dalam gudang di kawasan Kapas Madya I Surabaya. ''Di dalam gudang itu, motor kemudian dibongkar pasang agar tidak diketahui oleh pemiliknya, termasuk nomor polisi motornya,'' tambah Heru.

Untungnya, korban segera melaporkan kasus kehilangan motor ke polisi. Polisi pun kemudian bergerak cepat mendeteksi keberadaan pelaku. Pencarian polisi tidak memakan waktu lama, S alias Doweh ditangkap di sebuah arena permainan biliard di dekat rumahnya, sehari setelah mencuri.

''Pelaku kami tangkap bersama barang bukti motor Supra X tanpa plat nomor hasil curiannya saat malam tahun baru,'' terang Heru.

S alias Doweh kini diamankan bersama barang buktinya di Mapolda Jatim. Sementara F hingga kini masih buron. Tersangka S terancam hukuman kurung maksimal selama 7 tahun karena melanggar pasal 363 ayat 1 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com