Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan Somalia Akan Eksekusi Sandera Perancis

Kompas.com - 16/01/2013, 17:44 WIB

MOGADISGHU, KOMPAS.com - Kelompok militan Somalia Al-Shabab, Rabu (16/1/2013), dikabarkan telah memutuskan untuk mengeksekusi agen intelijen Perancis Denis Allex yang sudah mereka tahan selama tiga tahun. Akhir pekan lalu, pasukan Perancis berusaha membebaskan Allex, namun gagal.

Al-Shabab memastikan keputusan mengeksekusi Allex adalah untuk membalas kematian puluhan Muslim yang dibunuh Perancis dalam operasi penyelamatan Allex.

Al-Shabab juga mengatakan Perancis juga terus membunuh Muslim di seluruh dunia, membuat kebijakan anti-Islam di dalam negeri, dan operasi militer Perancis di Afganistan serta yang terakhir di Mali.

Operasi pembebasan Allex akhir pekan lalu merupakan kegagalan total yang justru mengakibatkan dua prajurit Perancis tewas, meski dalam operasi itu 17 anggota militan Somalia juga tewas.

Perancis hanya mampu membawa pulang satu jenazah tentaranya yang tewas. Sementara, satu jenazah lain yang diklaim Al-Shabab sebagai komandan operasi, dipamerkan di akun Twitter kelompok itu.

Sejumlah sumber di Somalia mengatakan salah satu penyebab kegagalan operasi pembebasan itu karena militan mendapatkan peringatan terkait rencana penyerbuan Perancis itu.

Kemenhan Perancis mengakui kegagalan itu karena pasukan Perancis, meremehkan kemampuan militan Somalia. Dalam operasi itu Perancis mengirim 50 prajurit dengan bantuan lima unit helikopter serta sejumlah "bantuan" dari Washington.

Dennis Allex adalah warga Perancis yang paling lama disandera di luar negeri. Politisi Kolombia-Perancis Ingrid Betancourt disandera selama enam tahun oleh kelompok bersenjata Kolombia, sebelum dibebaskan pasukan khusus Kolombia pada 2008 lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com