Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Perancis Hilang di Somalia

Kompas.com - 12/01/2013, 21:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian, Sabtu (12/1/2013), mengumumkan hilangnya tentara Perancis dalam sebuah operasi membebaskan seorang agen dinas rahasia yang ditahan di Somalia sejak 2009. "Semalam, personel komando DGSE menghadapi perlawanan sengit. Pertempuran sengit berkecamuk, saat bukti menunjukkan Denis Allex dibunuh oleh para penculiknya," kata Menteri Pertahanan itu.
    
"Selama upaya untuk membebaskan rekan mereka, seorang prajurit menyerah pada luka-lukanya dan seorang lagi hilang," tambah menteri tersebut.
    
Sebanyak 17 gerilyawan dari kelompok yang memiliki hubungan dengan Al Qaida, Ash-Shabaab, tewas dalam serangan itu, kata menteri itu.
    
Gerilyawan Ash-Shabaab yang menyandera Denis Allex mengatakan di dalam satu pernyataan ia masih hidup dan mereka menahan seorang prajurit Perancis yang cedera, tulis AFP.
    
Denis Allex, yang diculik pada 2009, diduga telah membantu melatih polisi Somalia dan pengawal presiden bersama dengan seorang agen lain yang berhasil meloloskan diri satu bulan kemudian.
    
Pada September, penculik mengancam akan membunuh empat pekerja Prancis lagi dari Areva yang diculik pada 2010, kalau Paris menyiapkan campur-tangan militer bersama pasukan Afrika untuk mendepak gerilyawan dari daerah Mali utara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com