Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAN dan PKS Dukung Soekarwo-Saifullah Yusuf

Kompas.com - 12/01/2013, 18:41 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Dinamika peta politik Jawa Timur menjelang Pilgub Agustus nanti terus bergerak dinamis. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung pasangan incumbent Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) untuk memimpin Jatim 5 tahun ke depan.

Semalam hingga, Sabtu (12/1/2013) siang tadi, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dikabarkan mulai gerilya menghimpun dukungan kepada PAN dan PKS dalam forum formal maupun informal.

Ketua DPW PKS Jatim Hamy Wahjunianto dikonfirmasi membenarkan bahwa partainya akan mengusung Gus Ipul menjadi calon Wagub Jatim.

"Kursi PKS di DPRD Jatim hanya tujuh kursi, sehingga tidak mengusung calon gubernur. Nah, dalam posisi calon wakil gubernur kami memutuskan mengusung Gus Ipul," ujarnya.

Pihaknya tidak mempermasalahkan jika Gus Ipul digandeng Gubernur Jatim Soekarwo. Karena menurut dia, rapor pasangan tersebut dalam memimpin Jatim sejak 2008 cukup baik.

"SurveI internal kami juga pernah menyatakan bahwa keduanya masih layak menjadi pemimpin di Jatim," tambahnya.

Skema pasangan Karsa jilid II juga didukung oleh PAN. Dukungan itu disampaikan usai sejumlah pengurus PAN menggelar pertemuan tertutup semalam di Kantor DPW PAN Jatim di kawasan Dinoyo Surabaya.

Dukungan PAN dan PKS menambah jumlah partai pendukung pasangan Karsa jilid II. Sebelumnya, sejumlah partai besar seperti Partai Demokrat, Golkar, Hanura, dan Partai Gerindra menyatakan dukungan yang sama, bahkan 22 partai non parlemen dikabarkan juga mendukung Karsa Jilid II.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com