Kompas.com - 10/01/2013, 22:43 WIB
|
EditorFarid Assifa

BULUKUMBA, KOMPAS.com -- Seorang oknum wartawan bulanan Makassar Sidik, Khaerul Ashar divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bulukumba, dalam kasus penggelapan sepeda motor. Hakim ketua, Muhammad Rasyid memvonis terdakwa empat bulan penjara pada Kamis (10/1/2013) sore.

Dalam vonisnya, majelis hakim menyatakan bahwa terdakwa telah melakukan tindak pidana yang merugikan salah satu perusahaan pembiayaan ternama, FIF. Hukuman yang diberikan terhadap terdakwa jauh lebih ringan daripada tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni lima bulan penjara, sehingga JPU Muhammad Adri mengatakan masih pikir-pikir atas pemberian vonis yang diberikan majelis hakim hingga tujuh hari ke depan.

"Saya masih pikir-pikir atas putusan majelis hakim yang hanya memberikan kurungan empat bulan penjara," ujar Adri, kepada Kompas.com seusai sidang digelar.

Sedangkan terdakwa menerima vonis yang dijatuhinya setelah berkonsultasi dengan penasihat hukumnnya.

Pimpinan Pos FIF Bulukumba Cabang Gowa, Muhammad Haekal mengaku merasa dirugikan atas ulah terdakwa. Awalnya, pada tahun 2011 terdakwa mengambil motor dengan cicilan Rp 560 ribu per bulan dengan jangka waktu 35 bulan. Namun terdakwa hanya membayar cicilan motornya sekali.

"2011 lalu dia mengajukan kredit motor, tetapi baru satu kali bayar dia sudah menghilang bersama kendaraannya. Setelah diselidiki, ternyata kendaraannya itu sudah diberikan oleh kawannya di Kabupaten Bone," jelas Haekal.

Kendati rugi, namun Haekal sudah bersyukur karena sepeda motor yang selama ini dicarinya sudah kembali. Selama mengikuti persidangan, terdakwa yang mengenakan kemeja batik berwarna silver itu, hanya terdiam dan sesekali menundukkan kepala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X