Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mochtar Naim Hadiri Peluncuran Buku

Kompas.com - 10/01/2013, 14:49 WIB
Ingki Rinaldi

Penulis

PADANG, KOMPAS.com — Sosiolog Dr Mochtar Naim, Kamis (10/1/2013), menghadiri peluncuran buku berjudul Mochtar Naim Merantau Sepanjang Masa di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Kota Padang. Buku itu merupakan persembahan sejumlah mahasiswa Mochtar Naim di masa lalu sekaligus sebagai peringatan 80 tahun usia sosiolog tersebut.

Sejumlah orang yang pernah menjadi murid, intens bergaul, atau sekadar mengenal Mochtar bergantian memberikan kesaksian terhadap sosiolog yang lahir pada 25 Desember 1932 itu. Sebagian besar menyebut Mochtar sebagai sosok yang teguh dalam berpendirian.

Salah seorang teman Mochtar yang juga Guru Besar Sejarah Universitas Negeri Padang, Prof Dr. Mestika Zed, menyebut Mochtar sebagai orang yang keras kepala dalam mempertahankan pendapat. Guru Besar Sosiologi Universitas Andalas Prof Afrizal, yang juga murid Mochtar, menyebut pengajarnya itu sebagai sosok guru dan sahabat dalam waktu bersamaan.

Mochtar, yang juga salah seorang pendiri Fakultas Sastra (kini Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Andalas, Padang, mengatakan, peluncuran buku yang digagas sejumlah murid-muridnya di masa silam itu sebagai hal luar biasa. "Luar biasa, murid-murid saya ini bisa menciptakan suasana seakrab dan hangat seperti ini," kata Mochtar.    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com