Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Tertutup Longsor, Tak Ada Korban Jiwa

Kompas.com - 09/01/2013, 19:17 WIB
Samuel Oktora

Penulis

CIANJUR, KOMPAS.com - Tebing di Jalan Raya Puncak, di jalur Kabupaten Cianjur menuju Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/1/2013) mengalami longsor, sekitar pukul 16.45. Hal itu mengakibatkan ruas jalan di jalur tersebut nyaris tertutup seluruhnya.

Diperkirakan hanya tersisa sekitar setengah meter badan jalan yang tak tertimbun longsor. "Lokasi longsor di depan Hotel Bukit Indah. Informasi yang kami terima sejauh ini tidak ada korban jiwa," kata anggota Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Devi Effendi, Rabu, di Cianjur.

Menurut Devi, dua hari sebelum kejadian, longsor kecil di lokasi sudah terjadi, dan material longsoran sudah dibersihkan. Peristiwa Rabu sore kemarin merupakan longsoran susulan yang lebih besar, dan kondisi setempat juga diguyur hujan. Kabut tebal juga menyelimuti lokasi sejak pagi.

"Alat berat dari Bogor sedang dikerahkan menuju lokasi," ujar Devi. Posisi hingga pukul 18.00 kemarin, alat berat belum tiba di lokasi.

Sementara itu Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Brigjen (Pol) Tubagus Anis Angkawijaya ketika dikonfirmasi mengemukakan, jalur setempat ditutup sementara.

"Bagi masyarakat dari Cianjur yang akan Jakarta dapat melewati Jonggol atau Sukabumi. Kalau alat berat malam ini bekerja, diperkirakan dalam semalam bisa selesai. Jalur dapat dibuka kembali," kata Anis, yang memerintahkan jajaran Kepolisian Sektor Pacet untuk mengamankan lokasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com