Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terduga Teroris di Makassar Diduga Asal Ciamis

Kompas.com - 09/01/2013, 14:39 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

CIAMIS, KOMPAS.com — Warga Desa Karang Kamulya, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, geger karena salah satu warganya diduga terlibat jaringan teroris dan tewas ditembak anggota Densus 88 Polri di Kompleks Masjid Nurul Afiat, Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat pekan lalu.

Terduga teroris asal Ciamis itu diduga yang disebut-sebut polisi bernama Syamsudin dengan nama asli Eri Riyanto, anak bungsu dari tujuh bersaudara dari pasangan Dahir dan Sadiah. Informasi yang dihimpun Kompas.com, Selasa (9/1/2013), rumah orangtua terduga teroris itu terlihat sepi. Para tetangganya juga seakan enggan memberikan informasi lengkap.

Namun, setelah berbincang dengan beberapa warga setempat, identitas warga Ciamis yang terduga teroris itu mulai terungkap. Eri hampir 20 tahun tidak pulang kampung halamannya dan merantau ke luar daerah. Sebelumnya, warga setempat mengetahui Eri menjadi sukarelawan jihad perang Bosnia tahun 1997.

Semenjak keberangkatan itu, warga tidak mengetahui keberadaan Eri sampai akhirnya dikabarkan tewas ditembak Densus 88 Polri di Makassar karena terlibat jaringan teroris.

Eri tinggal di Ciamis sampai lulus SMP Negeri 1 Padaherang. Penelusuran informasi dilanjutkan ke beberapa sekolah terduga teroris itu semasa kecil. Eri dikabarkan merupakan murid SD Negeri Cibogo 5, Kecamatan Padaherang. Eri merupakan anak pendiam dan pemalu semasa bersekolah.

"Ya benar, Eri adalah murid saya dulu sejak saya masih jadi guru. Saya juga kaget Eri dikabarkan tewas karena terlibat teroris," kata Sukardi, kepala SD Negeri Cibogo 5, saat dimintai keterangan di ruang kerjanya, Selasa (9/1/2013).

Sukardi mengetahui kabar muridnya terlibat jaringan teroris setelah mendapatkan informasi dari warga setempat dan media massa. Malah, tutur Sukardi, warga setempat akan menerima jenazah warganya yang terlibat jaringan teroris itu untuk dikuburkan di kampungnya. "Warga katanya sudah menyiapkan kuburan jika Eri akan dikuburkan di Ciamis," kata Sukardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com