Kompas.com - 07/01/2013, 12:14 WIB
|
EditorRusdi Amral

JEPARA, KOMPAS.com — Sebanyak 150 wisatawan terjebak di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Mereka tidak dapat pulang karena cuaca buruk angin musim barat melanda perairan Jepara.

Camat Karimunjawa Nuryanto, Senin (7/1/2013), mengatakan, dari 150 wisatawan, sebanyak 16 orang adalah wisatawan asing. Mereka berangkat dari Jepara menggunakan kapal motor cepat ekspres Cantika 89, Jumat (4/1/2013).

Seharusnya mereka pulang pada Sabtu dan Minggu. Namun lantaran angin besar dan gelombang tinggi, kapal tidak berani berlayar kembali ke Jepara.

"Tinggi gelombang di perairan Karimunjawa 3-3,5 meter. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Jateng, kapal diminta untuk tidak berlayar dulu," kata Nuryanto.

Nuryanto menambahkan, para wisatawan dalam kondisi baik. Mereka masih tinggal di rumah-rumah penginapan yang dikelola warga.

"Saya sudah mengimbau kepada para pemilik penginapan agar memberi keringanan kepada mereka, misalnya menggratiskan biaya penginapan atau memberi diskon," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X