Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150 Wisatawan Terjebak di Kepulauan Karimunjawa

Kompas.com - 07/01/2013, 12:14 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

JEPARA, KOMPAS.com — Sebanyak 150 wisatawan terjebak di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Mereka tidak dapat pulang karena cuaca buruk angin musim barat melanda perairan Jepara.

Camat Karimunjawa Nuryanto, Senin (7/1/2013), mengatakan, dari 150 wisatawan, sebanyak 16 orang adalah wisatawan asing. Mereka berangkat dari Jepara menggunakan kapal motor cepat ekspres Cantika 89, Jumat (4/1/2013).

Seharusnya mereka pulang pada Sabtu dan Minggu. Namun lantaran angin besar dan gelombang tinggi, kapal tidak berani berlayar kembali ke Jepara.

"Tinggi gelombang di perairan Karimunjawa 3-3,5 meter. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Jateng, kapal diminta untuk tidak berlayar dulu," kata Nuryanto.

Nuryanto menambahkan, para wisatawan dalam kondisi baik. Mereka masih tinggal di rumah-rumah penginapan yang dikelola warga.

"Saya sudah mengimbau kepada para pemilik penginapan agar memberi keringanan kepada mereka, misalnya menggratiskan biaya penginapan atau memberi diskon," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com