Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi di Lapas Magelang Tewas Gantung Diri

Kompas.com - 06/01/2013, 05:10 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Agus Supriyanto alias Agus Tembak (34) narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Magelang ditemukan tewas gantung diri di kamar mandi lapas setempat, Sabtu (5/1/2013).

Peristiwa tersebut terungkap ketika seluruh napi hendak melakukan senam pagi bersama sekitar pukul 07.00 WIB. Seperti biasa, petugas mengabsen satu persatu napi yang sudah hadir di lapangan lapas. Namun saat itu Agus Tembak tidak tampak dalam barisan. Lantas petugas menanyakan keberadaannya kepada rekan-rekan sekamarnya.

"Salah satu rekannya mengatakan kalau Agus izin pergi ke kamar mandi. Tapi, setelah lama ditunggu, Agus tidak juga datang, petugas mulai curiga," ujar Kepala Lapas Klas II A Magelang, I Made Darmajaya SH.

Kemudian, lanjut Made, salah satu petugas pergi mengecek keberadaan Agus. Setelah sampai kamar mandi yang dipakai Agus, petugas melihat tralis jendela kamar mandi yang sedikit terbuka.

"Di situlah petugas mendapati si Agus sudah tergantung di atap menggunakan kain sarung dan tali. Petugas langsung saja mengevakuasi karena Agus masih tampak bernafas dan langsung dilarikan ke RS Lestari Raharja yang persis ada di depan Lapas. Tapi sayang, nyawa Agus tidak tertolong setelah mendapat perawatan sekitar 20 menit," katanya.

Menurut Made, korban termasuk tahanan yang memiliki sikap cukup baik. Ia juga mudah bergaul, karenanya ia dipilih menjadi ketua kelompok kerja oleh rekan-rekannya.

"Teman-temanya tidak menyangka kalau Agus akan mengakhiri hidupnya dengan seperti ini. Karena sebelumnya Agus juga tidak terlihat punya tekanan, dan pernah menceritakan masalahnya kepada teman-temannya," ujarnya.

Agus Tembak merupakan terpidana pencurian dengan kekerasan dan diganjar hukuman 7 tahun 6 bulan. Sebenarnya Agus tinggal menyisakan masa hukumannya selama 6 bulan lagi. Saat ini jenazah korban sudah diambil keluarganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com