Kompas.com - 05/01/2013, 18:57 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Gunung Raung di perbatasan Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso, Jawa Timur, mengeluarkan sinar api di puncaknya, Sabtu (5/1/2013). Meski demikian, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan tak ada peningkatan status, tetap berstatus Siaga.

Kepala PVMBG Surono mengatakan, dalam pengamatan visual pada Jumat (4/1/2013) pukul 12.00-24.00 saat cuaca cerah tampak asap putih sedang dan tebal membubung setinggi 400 meter dari puncak Raung. Asap putih itu mengarah ke utara dan barat. Sesekali terdengar suara gemuruh dan sinar api dari puncak.

Menurut Surono, meski mengeluarkan sinar api dari puncak, status Raung tidak dinaikkan sebab sinar tersebut tidak mengindikasikan peningkatan aktivitas. Pada dasarnya, kata Surono, aktivitas Raung tak berubah, bahkan lebih rendah dibandingkan dengan November 2012.

Gempa tremor pada saat ini tercatat beramplitudo maksimal 32 mm dan rata-rata hanya 8 mm.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X