Kompas.com - 05/01/2013, 14:11 WIB

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Sebelas ekor kambing bebas berkeliaran di jalan protokol atau Jalan Eltari, Kilometer 2, tepatnya depan kantor Kejaksaan Negeri Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (5/1/2013).

Keberadaan ternak itu sangat mengganggu pengguna jalan. Beberapa pengendara mobil maupun sepeda motor nyaris menabrak kambing-kambing yang tidak diketahui siapa pemiliknya itu. Bahkan ada pengendara sepeda motor yang kehilangan keseimbangan dan nyaris jatuh karena menghindari hewan ternak tersebut.

"Saya sudah bolak-balik lewat sini, tapi kambing-kambing ini belum juga diambil pemiliknya. Tadi saya hampir terjatuh hanya gara-gara mau menghindar sehingga saya sempat turun dan usir mereka, tetapi mereka kembali lagi untuk makan rumput yang berada di pinggir jalan maupun di tengah pembatas jalan," kata Daniel Abi, warga Kefamenanu kepada Kompas.com, Sabtu (5/1/2013).

Menurut Daniel, bukan hanya kambing yang sering berkeliaran bebas di sepanjang jalan protokol di Kefamenanu. Dia mengatakan, sapi, anjing, dan kuda juga sering terlihat di jalan utama itu. Daniel berharap pemerintah setempat segera mengambil tindakan terkait hal itu. 

"Yang namanya hewan ternak itu hidupnya di dalam kandang, bukan malah dibiarkan berkeliaran bebas. Pemerintah harus secepatnya membuat peraturan daerah (perda). Jika dilanggar akan dikenakan sanksi sehingga para pemilik ternak bisa punya tanggung jawab untuk mengontrol ternaknya," kata Daniel.

Saat dimintai komentar tentang hal itu, Wakil Bupati TTU Aloysius Kobes mengakui melalui pesan singkat bahwa belum ada peraturan khusus tentang hewan ternak yang berkeliaran di jalan raya. "Perda khusus belum ada, tapi nanti saya suruh Polisi Pamong Praja lihat dulu untuk tertibkan pemiliknya," tulisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.