Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Perahu Setelah Merayakan Tahun Baru

Kompas.com - 05/01/2013, 12:12 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com -- Kegembiraan merayakan tahun baru bersama keluarga di Tanimbar Kei, Maluku Tenggara, Maluku, justru berakhir duka. Perahu kayu bermotor berisi sebelas warga Tanimbar Kei tenggelam diterjang ombak, saat hendak kembali dari Tanimbar Kei ke Langgur, ibu kota Maluku Tenggara.

"Mereka berada di Tanimbar Kei untuk merayakan tahun baru. Setelah perayaan usai, Kamis (3/1/2013), mereka mau kembali ke Langgur. Tidak disangka, perahu yang mereka naiki tenggelam," kata Roby Tharob, kerabat korban perahu tenggelam saat dihubungi Kompas dari Ambon, Maluku, Sabtu (5/1/2013).

Saat berangkat dari Tanimbar Kei, cuaca masih bersahabat. Namun saat di tengah perjalanan, persisnya dekat Pulau Manir, cuaca menjadi ekstrem. Angin kencang dan ombak setinggi sekitar empat meter melanda. Ombak kemudian menerjang perahu yang dikendalikan Rudi Tabalubun (62) dan menenggelamkannya.

Tiga orang penumpang, Sugeng Tabalubun (18), Kores Lefmanut (10), dan Billy Lefmanut (13), selamat setelah berenang ke Pulau Manir, dekat lokasi kecelakaan. Sementara naas bagi delapan penumpang lainnya. Tujuh ditemukan sudah tewas sedangkan satu penumpang lagi, yaitu Jems Ohoira (8), masih belum ditemukan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com