Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Tewaskan 8 Warga

Kompas.com - 04/01/2013, 03:04 WIB

Palangkaraya, Kompas - Sepanjang Rabu-Kamis (3/1) terjadi setidaknya dua kecelakaan lalu lintas di tempat berbeda yang mengakibatkan 8 orang tewas dan 33 lainnya luka-luka. Kedua peristiwa itu terjadi saat para korban dalam proses memulai aktivitas pagi hari.

Kecelakaan pertama terjadi di Kecamatan Mentaya Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rabu pukul 06.15.

Sebanyak 6 buruh perkebunan sawit tewas karena truk yang mereka tumpangi dari mes pekerja di Desa Buana Mustika ke tempat lokasi perkebunan terguling. Sebanyak 5 orang cedera berat dan 24 buruh lainnya luka ringan. 

Adapun kecelakaan lain terjadi akibat minibus jurusan Pemalang-Tegal dengan nomor polisi G 1512 BD terguling di jalan raya pantai utara di Desa Kramat, Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis pukul 06.30. Dua orang tewas, sedangkan 4 lainnya luka-luka.

Jalan licin

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kotawaringin Timur Ajun Komisaris Arman Muis, saat dihubungi dari Palangkaraya, sopir truk itu, yakni AR (26), sudah dijadikan tersangka.

Kecelakaan itu bermula ketika truk menjemput para buruh di Buana Mustika. Diduga karena jalan licin, truk yang mengangkut 35 pekerja itu tergelincir ke kanan. Kendaraan terguling dan terbalik ke parit yang menyebabkan 5 buruh meninggal. Mereka yang tewas, yaitu Salmi, Wakiyem, Siti Rohana, Kastimah, dan Sugiarti.

Seorang buruh meninggal saat dirawat di Puskesmas Parenggean, Kotawaringin Timur, sehingga jumlah korban tewas menjadi 6 orang. Namun, Arman belum menyebutkan nama korban yang terakhir itu.

Korban luka ringan dibawa ke klinik perkebunan, sementara buruh yang luka berat dirawat di Puskesmas Parenggean. Menurut Arman, semua korban tewas sudah dijemput keluarga masing- masing. Sementara buruh dengan luka berat dan ringan juga telah pulang.

”Kami masih terus melakukan penyidikan terhadap sopir truk yang membawa para buruh itu. Sopir dibawa ke Polres Kota Waringin Timur,” tuturnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com