Kompas.com - 03/01/2013, 15:31 WIB

ACEH BESAR, KOMPAS.com - Hujan yang turun dengan intensitas tinggi di Aceh, mengakibatkan sejumlah daerah dilanda banjir. Selain Kabupaten Bireun dan Kabupaten Singkil, banjir luapan sungai juga melanda sejumlah desa di kawasan Kabupaten Aceh Besar.

Untuk Kabupaten Aceh Besar, banjir yang terparah dialami Desa Beureuneut, Kecamatan Seulimum. Beberapa desa lainnya yang juga dilanda banjir adalah Meunasah Keude, sebagian Meunasah Mon, Meunasah Kulam, dan Paya Kameng, di Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Banjir yang terjadi pada Rabu (2/1/2013) malam, mengakibatkan kepanikan masyarakat di desa tersebut, beberapa warga sempat mengungsi ke tempat yang lebih tinggi karena pemukiman mereka terendam air hingga lebih dari 2 meter saat hujan lebat dan akibat meluapnya air sungai Krueng Cut Aya.

"Air tiba-tiba saja datang, bahkan saya tidak sempat memberi pengumuman kepada warga desa. Air datang begitu cepat bahkan terus menaik hingga lewat tengah malam," ujar Edi Sarwoedi, warga Desa Beureuneut, Kamis (3/1/2013).

Hingga menjelang siang, warga Desa Beureuneut terlihat sibuk membersihkan lumpur akibat sisa banjir di rumah dan kedai mereka. Bahkan sebagian besar rumah hingga Kamis siang masih terendah air setinggi betis orang dewasa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Aceh (BPBA), Musli, mengatakan dari data yang masuk ke pihaknya, kerusakan yang terjadi adalah satu rumah hancur, 70 rumah terendam, dua balai desa rusak, empat balai nelayan hancur, serta dua kedai rusak. Banjir ini juga menyebabkan dua perahu nelayan hilang serta pagar masjid Desa Beureuneut

Menurut Musli, saat ini ketinggian air sudah mulai turun dan bisa meningkat lagi jika sewaktu-waktu hujan deras. Di desa tersebut, sebanyak 600 jiwa masih siaga bila banjir datang kembali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami telah menurunkan tim untuk mendata kerusakan dan menyalurkan logistik," ujar Musli.

Logistik yang telah disalurkan adalah beras, mie instant, telur, air mineral, selimut dan tikar. Bantuan akan terus disalurkan bagi warga di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.