Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Derawan Butuh Kapal Pengangkut Sampah

Kompas.com - 03/01/2013, 13:44 WIB

TANJUNG REDEB, KOMPAS.com - Pulau Derawan, yang menjadi ikon wisata Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, memerlukan kapal pengangkut sampah untuk mendistribusikan sampah ke daratan terdekat seperti Tanjung Batu, yang nantinya akan disiapkan tempat pembuatan akhir (TPA).

"Perlu juga motor pengangkut sampah untuk menampung sampah dari warga Pulau Derawan, dari rumah ke rumah," ujar Kepala Kantor Kebersihan Pertamanan dan Pemadam Kebakaran (KKPPK) Kabupaten Berau, Yudha Budisantosa, Kamis (3/1/2013).

Dengan cara tersebut, Yudha mengharapkan tidak ada lagi pembuangan limbah langsung ke laut yang pada akhirnya mengotori pantai yang menjadi primadona bagi para wisatawan yang berkunjung.

Sementara itu Agus Tantomo, mantan anggota DPRD Kaltim, mengusulkan agar ada peraturan kampung di Pulau Derawan mengenai kebersihan Pulau Derawan. "Kalau peraturan daerah lebih rumit, harus ada persetujuan DPRD dan prosesnya lama, kalau peraturan kampung lebih simple," kata Agus yang juga praktisi perencanaan kota.

Agus pun telah membuat perencanaan peraturan kampung dan akan diserahkan kepada Kepala Kampung, namun untuk pelaksanaannya semua terpulang kepada masyarakat di sana. "Ini hanya sebatas usulan saja siapa tahu bisa diadopsi atau dimanfaatkan," katanya.

Sementara itu, dalam waktu dekat Pulau Derawan sesuai rencana akan digelar Festival Derawan 2013 sebagai pengganti Sail Derawan yang batal dilaksanakan.

"Sebagai daerah wisata dan akan banyak dikunjungi orang derawan harus bersih dan bebas dari sampah. Baik itu di bibir pantai maupun di kampung yang telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu sebagai kampung wisata tahun 2012 lalu," kata Agus.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com