Kompas.com - 03/01/2013, 10:48 WIB
|
EditorKistyarini

BANDUNG, KOMPAS.com - "Jika Korea punya lagu Gangnam Style, kini Jawa Barat sudah punya lagu Dongdang Style," kata seniman Sunda Doel Sumbang usai menghadiri acara "Malam Dongdang", persembahan seniman Jawa Barat untuk pasangan calon gubernur Jabar Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki di New Majestic, Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Rabu, (2/1/2013) petang.

Menurut Doel, lagu berjudul "Dongdang 5" tersebut dipersembahkan kepada calon gubernur Jawa Barat 2013 - 2018 yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Rieke Diah Pitaloka sebagai hadiah untuk mengungkapkan niat baiknya dalam membentuk perubahan di Jawa Barat.

"Lagu ini isinya kecintaan, tidak ada ajakan untuk memilih, lagu ini saya hadiahkan kepada Ambu Rieke untuk mencurahkan rasa cintanya kepada rakyat Jabar," kata Doel.

Menurut Doel, dongdang bermakna semangat, bangun, berpikir, dan bekerja. "Mari kita dongdang semangat, bangun, berfikir, dan bekerja," kata Doel.

Lagu ini dipersembahkan dan diluncurkan langsung kepada Rieke di New Majestic, Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Rabu, (2/1/2013). Pada kesempatan itu pun Rieke tampil di panggung menyanyikan lagu "Dongdang 5".

Rieke mengaku tidak menyangka akan mendapat hadiah lagu dari seniman kawakan seperti Doel Sumbang. Ia juga tidak menyangka akan dibuatkan dan disuguhi acara yang sangat meriah.

"Ketika itu saya hanya disuruh menyanyi, tidak tahu jika mau dipersembahkan dan dibuatkan acara seperti ini. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya," kata Rieke.

Rieke pun tidak meminta untuk dibuatkan lagu. Doel yang berinisiatif membuatkan lagu untuk Rieke. "Kalau saya harus membayar, saya tidak punya uang untuk membayar artis sekelas Doel Sumbang. Semua juga kan tahu sendiri kalau saya ini tidak punya modal," kata Rieke dengan nada candanya.

"Iya, kalau dihargakan, harga lagu ini seharga 20 kali harga mobil Toyota Kijang. Tapi saya hadiahkan sama Ambu Rieke, karena niat baiknya membawa perubahan bagi Jabar," tukas Doel.

Doel pun berharap agar lagu yang dibuatnya bisa cepat populer. "Nanti kalau sudah populer, lagu ini akan identik dengan Ambu Rieke, dan kita akan ingat pada malam ini, " kata Doel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.