Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangkubanparahu Dikunjungi 1,4 Juta Wisatawan

Kompas.com - 02/01/2013, 10:51 WIB
Rusdi Amral

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkubanparahu di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dikunjungi 1,4 juta pengunjung pada 2012.

"Jumlah kunjungan wisata ke TWA Tangkubanparahu terus meningkat dalam tiga tahun terakhir, pada 2012 pengunjung mencapai 1,4 juta orang," kata Direktur Utama PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) Putra Kaban di Bandung, Rabu (2/1/2013).

Selain itu juga terjadi peningkatan jumlah wisatawan mancanegara yang mencapai 20.000 orang pada 2012 atau meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Adapun wisatawan mancanegara, selain dari Malaysia dan Singapura, peningkatan signifikan juga dari kalangan wisatawan China dan Korea.

"Peningkatan kunjungan wisatawan China dan Korea meningkat signifikan pada 2012 dan ke depan kami terus melakukan promosi ke negara lainnya bekerja sama dengan agen perjalanan," tuturnya.

Peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan TWA Gunung Tangkubanparahu itu tidak lepas dari adanya penerbangan langsung ke luar negeri, yakni ke Malaysia dan Singapura. "Yang jelas, dengan peningkatan kunjungan itu, TWA Gunung Tangkubanparahu telah menjadi tujuan wisata, bukan sekadar persinggahan. Dan, hasil survei, pengunjung mendatangi lokasi itu karena alamnya dan kekhasan Tangkubanparahu," kata Kaban.

 Peningkatan infrastruktur dan kelengkapan lainnya, kata dia, menjadi salah satu komitmen dari TWA Gunung Tangkubanparahu. Pihaknya tetap mempertahankan keaslian dan kondisi alam di kawasan obyek wisata itu, termasuk meningkatkan manajemen pengelolaan kawasan wisata alam itu.

Terkait peningkatan manajemen pengelolaan kawasan wisata alam itu, kata Kaban, dilakukan antara lain untuk mengatur kepadatan kendaraan dan pengunjung di kawasan obyek wisata alam itu, terutama pada akhir pekan dan liburan panjang. "Pada liburan panjang ini atau akhir pekan terjadi antrean kendaraan di sini. Kami melakukan manajemen pengelolaan transportasi di sana termasuk menutup portal bila terlalu padat," kata Putra Kaban.
    

Ia menyebutkan, kunjungan wisatawan pada akhir pekan rata-rata mencapai 7.000 hingga 8.000 pengunjung. "Kecuali Lebaran dan liburan Natal dan Tahun Baru 2013 ini, pengunjung yang masuk ke TWA Tangkubanparahu mencapai 13.000," kata Putra Kaban menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com