Kompas.com - 02/01/2013, 10:51 WIB
Penulis Rusdi Amral
|
EditorRusdi Amral

BANDUNG, KOMPAS.com — Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkubanparahu di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dikunjungi 1,4 juta pengunjung pada 2012.

"Jumlah kunjungan wisata ke TWA Tangkubanparahu terus meningkat dalam tiga tahun terakhir, pada 2012 pengunjung mencapai 1,4 juta orang," kata Direktur Utama PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) Putra Kaban di Bandung, Rabu (2/1/2013).

Selain itu juga terjadi peningkatan jumlah wisatawan mancanegara yang mencapai 20.000 orang pada 2012 atau meningkat signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Adapun wisatawan mancanegara, selain dari Malaysia dan Singapura, peningkatan signifikan juga dari kalangan wisatawan China dan Korea.

"Peningkatan kunjungan wisatawan China dan Korea meningkat signifikan pada 2012 dan ke depan kami terus melakukan promosi ke negara lainnya bekerja sama dengan agen perjalanan," tuturnya.

Peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan TWA Gunung Tangkubanparahu itu tidak lepas dari adanya penerbangan langsung ke luar negeri, yakni ke Malaysia dan Singapura. "Yang jelas, dengan peningkatan kunjungan itu, TWA Gunung Tangkubanparahu telah menjadi tujuan wisata, bukan sekadar persinggahan. Dan, hasil survei, pengunjung mendatangi lokasi itu karena alamnya dan kekhasan Tangkubanparahu," kata Kaban.

 Peningkatan infrastruktur dan kelengkapan lainnya, kata dia, menjadi salah satu komitmen dari TWA Gunung Tangkubanparahu. Pihaknya tetap mempertahankan keaslian dan kondisi alam di kawasan obyek wisata itu, termasuk meningkatkan manajemen pengelolaan kawasan wisata alam itu.

Terkait peningkatan manajemen pengelolaan kawasan wisata alam itu, kata Kaban, dilakukan antara lain untuk mengatur kepadatan kendaraan dan pengunjung di kawasan obyek wisata alam itu, terutama pada akhir pekan dan liburan panjang. "Pada liburan panjang ini atau akhir pekan terjadi antrean kendaraan di sini. Kami melakukan manajemen pengelolaan transportasi di sana termasuk menutup portal bila terlalu padat," kata Putra Kaban.
    

Ia menyebutkan, kunjungan wisatawan pada akhir pekan rata-rata mencapai 7.000 hingga 8.000 pengunjung. "Kecuali Lebaran dan liburan Natal dan Tahun Baru 2013 ini, pengunjung yang masuk ke TWA Tangkubanparahu mencapai 13.000," kata Putra Kaban menambahkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.