Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sulut Awali Tahun Baru Dengan Beribadah Di Gereja

Kompas.com - 01/01/2013, 11:13 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Walau hujan mengguyur sejak lepas pergantian tahun baru hingga siang ini, namun tidak mengurangi antusias warga Sulawesi Utara khususnya umat Kristiani datang ke Gereja, Selasa (1/1/2013).

Seperti yang terpantau di Gereja GMIM Getsemani Tateli, Kecamatan Mandolang, Minahasa, sejak pukul 09.00 pagi jemaat yang beribadah bahkan sampai di luar gedung gereja. Demikian pula halnya yang terjadi di daerah lain.

Ribuan gereja yang ada di Sulut dipastikan dipadati umat yang datang beribadah. Sudah menjadi tradisi umat Kristiani di Sulut untuk mengucap syukur pada hari pertama tahun baru.

"Tuhan yang baik telah memberikan kita tahun yang baru, sudah selayaknyalah kita mengucap syukur dengan beribadah," ujar Samuel (76) ketika ditemui Kompas.com di GMIM Getsemani Tateli.

Bukan tidak hanya pagi di tanggal 1 Januari saja umat Kristiani di Sulut datang ke Gereja. Pada malam tanggal 31 Desember sebelum pergantian tahun, jemaat juga datang ke Gereja untuk mengikuti Perjamuan Akhir Tahun.

"Jadi walaupun tadi malam kita berpesta menyambut pergantian tahun baru, tapi kita tidak lupa pagi ini harus masuk gereja," ujar Clara Lotulung, anggota Jemaat GMIM Exodus Paniki Dua, Kecamatan Mapanget Manado.

Setelah selesai beribadah di Gereja, biasanya umat akan saling bersalam-salaman mengucapkan selamat tahun baru. Dan sekembalinya dari Gereja, jemaat Kristiani akan saling berkunjung ke kerabat atau tetangganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com