5 Pasang Bertarung di NTT

Kompas.com - 31/12/2012, 03:09 WIB
Editor

Kupang, Kompas - Lima pasang calon kepala daerah hampir dipastikan akan bertarung dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Nusa Tenggara Timur, 18 Maret 2013. Hingga Minggu (30/12) sore, empat pasang calon sudah mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTT di Kupang.

Sebenarnya masih dimungkinkan sepasang calon lagi untuk mendaftarkan diri, yakni melalui koalisi sejumlah partai politik yang tak memiliki kursi di DPRD NTT. Parpol ini bergabung dalam Koalisi Kebhinekaan. Namun, hingga Minggu petang, belum jelas pasangan calon yang diusung mereka.

Pendaftaran calon sudah dibuka KPU NTT sejak 26 Desember lalu hingga 2 Januari 2013. Dua pasang calon mendaftar pada Sabtu lalu, yaitu Christian Rotok-Abraham Liyanto dan Ibrahim Agustinus Medah-Melikiades Laka Lena. Dua pasang lain mendaftar sebelumnya, yaitu Frans Lebu Raya-Benny Litelnony yang mendaftar pada Rabu lalu dan Esthon L Foenay-Paul L Talo yang mendaftar pada Kamis lalu.

Pasangan Benny K Harman-Willem Nope belum mendaftarkan diri di KPU NTT. Pasangan ini sudah mengantongi surat keputusan penetapan dari Partai Demokrat, pekan lalu. Surat keputusan untuk mereka ditandatangani Ketua Majelis Tinggi/Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekretaris Dewan Pembina Jero Wacik.

Menurut Benny Harman di Kupang, Minggu, pasangannya akan mendaftarkan diri di KPU NTT hari Senin ini. ”Semula kami mau mendaftarkan diri pada 1 Januari 2013. Namun, KPU NTT keberatan karena itu hari libur,” ujarnya.

Pasangan Benny-Willem juga didukung sejumlah parpol lain, selain Partai Demokrat. ”Kami akan menggelar deklarasi pada 5 Januari 2013 di Soe,” lanjutnya. SoE adalah kota Kabupaten Timor Tengah Selatan, sekitar 113 kilometer arah timur Kota Kupang.

Berdasarkan verifikasi faktual, dukungan melalui fotokopi kartu tanda penduduk sah bagi Christian-Abraham saat pendaftaran terkumpul 248.914 lembar. Hal itu berarti masih terdapat kekurangan sebanyak 9.237 lembar untuk memenuhi syarat minimal 258.151 lembar.

Christian dan Abraham di Kupang, Sabtu, mengakui kekurangan itu. Namun, hal tersebut bukan masalah serius. Mereka memiliki banyak dukungan. (ans)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.