Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Galunggung Aman Dikunjungi Wisatawan

Kompas.com - 30/12/2012, 20:22 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Obyek wisata Gunung Galunggung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, aman dikunjungi wisatawan untuk mengisi hari libur atau merayakan pergantian malam tahun baru. "Status Gunung Galunggung aman, tidak ada masalah, meskipun sebelumnya naik statusnya waspada, tapi tetap masih aman untuk dikunjungi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Kundang Sodikin ketika dihubungi melalui telepon, Minggu (30/12/2012).

Namun, Kundang mengimbau kepada wisatawan untuk selalu waspada terhadap adanya ancaman bahaya bencana alam yang kemungkinan tidak dapat diprediksi sebelumnya.

Selain itu, Kundang meminta masyarakat atau pengunjung selalu memperhatikan dan menaati aturan atau peringatan bahaya di lokasi wisata. "Khusus daerah wisata kecil kemungkinan terjadi bencana seperti longsor, tapi tetap waspada karena daerah Tasikmalaya ini rawan longsor," katanya.

Masyarakat pengguna kendaraan yang hendak menuju lokasi wisata di Tasikmalaya seperti Pantai Cipatujah, Galunggung dan Pamijahan, lanjut Kundang, diminta berhati-hati saat melintasi jalur rawan longsor.

Menurut dia, ancaman bencana alam pada musim hujan kemungkinan terjadi di daerah rawan longsor seperti jalur Salawu atau jalur menuju selatan Tasikmalaya. "Perlu diwaspadai justru jalur yang menuju wisata itu, karena ada beberapa titik rawan longsor," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com