Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Empat Pasangan Calon Mendaftar di KPU NTT

Kompas.com - 29/12/2012, 17:51 WIB
Frans Sarong

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com -- Tahapan pendaftaran pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur NTT sudah dibuka sejak 26 Desember 2012 hingga 2 Januari 2013. Hingga Sabtu (29/12/2012), tercatat empat pasangan calon yang sudah mendaftar.

Dua pasangan yang mendaftar pada Sabtu (29/12/2012), adalah Christian Rotok - Abraham Liyanto yang bertagline CristAL dari jalur perseorangan, dan Ibrahim Agustinus Medah - Melikiades Laka Lena (Tulus) yang diusung Partai Golkar.

Dua pasangan lain yang sudah mendaftar sebelumnya adalah Frans Lebu Raya - Benny Litelnony (Frenly) dan Esthon L Foenay - Paul L Talo (Esthon - Paul). Pasangan Frenly yang didukung PDI Perjuangan, Hanura, PPP, PKB, PAN dan PKS, sudah mendaftar pada hari pertama, Rabu (26/12/2012). Sementara pasangan Esthon - Paul yang didukung Partai Gerindra dan Partai Damai Sejahtera (PDS), dideklarasikan sekaligus mendaftar pada Jumat (28/12/2012).

Pemungutan suara Pilkada NTT yang akan berlangsung 18 Maret 2013, hampir bisa dipastikan diikuti lima pasangan calon. Satu pasangan lainnya, yakni Benny K Harman - Willem Nope, hingga Sabtu petang belum deklarasi dan juga belum mendaftar di KPU NTT. Pasangan ini sudah mengantungi SK petetapan calon yang direstui Ketua Majelis Tinggi yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat (PD), Susilo Bambang Yudhoyono. Benny - Willem diusung PD dan sejumlah partai lain itu.

Berdasarkan verifikasi faktual, dukungan melalui foto kopi kartu tanda penduduk (KTP) sah bagi pasangan CristAL hingga saat pendaftaran, terkumpul 248.914 lembar. Itu berarti masih kekurangan 9.237 lembar untuk memenuhi persyaratan dukungan minimal 258.151 lembar.

Chris Rotok besama Abraham Liyanto kepada jajaran PWI NTT di Kupang, Sabtu petang menyatakan kekurangan itu bukan masalah serius. Alasannya karena stok KTP yang sudah terkumpul masih tersedia cukup banyak. "Kekurangan itu kurang dari 10.000 (KTP), sementara stok yang masih tersedia sekitar 60.000 - 70.000. Tim CristAL sebenarnya mau saja langsung memenuhinya sekarang, namun pihak KPU belum bersedia menerimanya karena belum waktunya," jelas Chris Rotok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com