Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Tegal Dirikan Tiga Dapur Umum

Kompas.com - 29/12/2012, 14:33 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com -- Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah mendirikan tiga posko pengungsi dan dapur umum, untuk membantu warga yang terkena banjir di wilayah tersebut, Sabtu (29/12/2012).

Banjir di Kota Tegal terjadi di wilayah Kelurahan Sumurpanggang, Pesurungan Lor, Kalinyamat Kulon, dan Kaligangsa. Di wilayah Kalinyamat Kulon dan Kaligangsa, banjir menggenangi jalan, sedangkan di Sumurpanggang dan Pesurungan Lor, banjir masuk ke rumah-rumah warga.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kota Tegal, Suripto mengatakan, banjir di Kelurahan Sumurpanggang menggenangi 550 rumah, sedangkan di Pesurungan Lor menggenangi sekitar 60 rumah.

Saat ini, Pemkot Tegal telah mendirikan tiga posko dan dapur umum, yang dipusatkan di wilayah Kecamatan Margadana. Dapur umum untuk membantu menyediakan makanan bagi warga.

"Dapur umum didirikan hingga warga bisa kembali beraktivitas normal di rumah mereka. Sampai berapa hari belum tahu, yang jelas sampai warga bisa kembali beraktifitas normal," tuturnya.

Sementara itu, tim SAR gabungan masih berupaya mengevakuasi warga yang terjebak banjir di rumah mereka. Kebanyakan warga yang terjebak banjir merupakan orang tua dan anak-anak.
Mereka belum mengungsi sendiri, karena arus air di jalan masih deras.

Koordinator SAR Kabupaten Tegal, Djuliyono mengatakan, evakuasi dilakukan untuk membantu mereka yang kesulitan keluar dari rumah. Kebanyakan warga yang terkena banjir berada di pinggir daerah aliran sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com