Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Belum Dapat Bantuan Pangan

Kompas.com - 29/12/2012, 11:54 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

SLAWI, KOMPAS.com -- Warga di Kecamatan Kramat dan Surodadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, yang terkena banjir, hingga Sabtu (29/12/2012) siang belum mendapat bantuan makanan. Mereka tidak bisa beraktivitas di dalam rumah, seperti memasak, karena rumah mereka tergenang banjir sejak sekitar pukul 02.00.

Asih (42), warga di Desa Maribaya menyatakan belum mendapatkan makanan untuk keluarganya. Saat ini, dia dan suaminya, Taryono (45) terpaksa mengungsi di pinggir jalur pantura. Sementara ibunya, Tarisah (75), masih bertahan di dalam rumah.

Untuk membantu masyarakat, sebagian warga secara pribadi menyumbangkan makanan kepada warga lainnya. Mereka juga mengumpulkan sumbangan dengan meminta bantuan kepada para pengguna kendaraan yang melintas jalur pantura.

Sementara Tim SAR bersama TNI dan polisi masih mengevakuasi masyarakat yang terjebak di rumah mereka. Sebagian warga yang terjebak merupakan orang tua dan anak-anak.

Komandan Kodim 0712 Tegal, Letnan Kolonel Infanteri Jefson Marisono mengatakan, di wilayah Maribaya akan didirikan tenda untuk pusat evakuasi dan bantuan logistik warga. Kodim 0712 Tegal menerjunkan satu peleton pasukan untuk membantu warga yang kebanjiran.

Menurut dia, warga sudah diinstruksikan untuk mengungsi. Saat ini yang masih diwaspadai yaitu adanya hujan di wilayah Tegal bagian selatan, atau air kiriman dari selatan.  Sebagian warga di wilayah Kecamatan Kramat dan Surodadi, terjebak banjir di rumah mereka, karena arus air di jalan masih deras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com