Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyu Raksasa Ini Gagal Diselundupkan

Kompas.com - 28/12/2012, 15:23 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com -- Sebanyak 22 penyu langka ditemukan di pinggir pantai Pandawa, Kutuh, Kuta Selatan, Kamis (27/12/2012) malam oleh Pecalang desa setempat. Puluhan penyu hijau ini diduga akan diselundupkan ke Bali untuk diperjualbelikan.

"Asal-usul enggak jelas. Yang jelas ditemukan pecalang saat ada festival budaya di Kutuh," ujar Kepala Resort Kodya Denpasar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali, Endang Kusnaeni di Denpasar, Jumat (28/12/2012).

Di antara penyu-penyu yang dilindungi ini terdapat seekor penyu berukuran raksasa dengan panjang cangkang mencapai 1 meter lebih. Diperkirakan usia penyu ini lebih dari 70 tahun.

Polisi masih belum menemukan pemilik penyu-penyu tersebut. Dugaan sementara, penyu-penyu tersebut ditinggalkan oleh pemiliknya karena gerak-gerik mereka diketahui oleh warga desa setempat. Kasus penyelundupan penyu di Bali ini merupakan yang kedua dalam bulan Desember. Pada 9 Desember lalu, Polair Polda Bali menggagalkan penyelundupan 33 penyu hijau di Perairan Tanjung Benoa, Badung, Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com