Kompas.com - 28/12/2012, 15:23 WIB
|
EditorFarid Assifa

DENPASAR, KOMPAS.com -- Sebanyak 22 penyu langka ditemukan di pinggir pantai Pandawa, Kutuh, Kuta Selatan, Kamis (27/12/2012) malam oleh Pecalang desa setempat. Puluhan penyu hijau ini diduga akan diselundupkan ke Bali untuk diperjualbelikan.

"Asal-usul enggak jelas. Yang jelas ditemukan pecalang saat ada festival budaya di Kutuh," ujar Kepala Resort Kodya Denpasar Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali, Endang Kusnaeni di Denpasar, Jumat (28/12/2012).

Di antara penyu-penyu yang dilindungi ini terdapat seekor penyu berukuran raksasa dengan panjang cangkang mencapai 1 meter lebih. Diperkirakan usia penyu ini lebih dari 70 tahun.

Polisi masih belum menemukan pemilik penyu-penyu tersebut. Dugaan sementara, penyu-penyu tersebut ditinggalkan oleh pemiliknya karena gerak-gerik mereka diketahui oleh warga desa setempat. Kasus penyelundupan penyu di Bali ini merupakan yang kedua dalam bulan Desember. Pada 9 Desember lalu, Polair Polda Bali menggagalkan penyelundupan 33 penyu hijau di Perairan Tanjung Benoa, Badung, Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.