Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Melonjak, Kuota BBM Tetap Aman

Kompas.com - 24/12/2012, 14:47 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG untuk nasional pada liburan Natal dan Tahun Baru 2013, diperkirakan aman.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir menjelaskan jelang liburan panjang akhir tahun ini memang menyebabkan konsumsi BBM dan LPG melonjak.

"Namun dipastikan pasokan BBM dan LPG Untuk Natal dan Tahun Baru tetap aman. Kuota sejauh ini masih on the right track," kata Ali kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (24/12/2012).

Menurut Ali, konsumsi premium selama periode 22 Desember 2012 hingga 8 Januari 2013 diperkirakan melonjak 3,8 persen di atas rata-rata penyaluran normal, Ini berarti 12,9 persen diatas realisasi penyaluran pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan konsumsi solar juga diperkirakan di atas rata-rata penyaluran normal, yaitu sekitar 4,4 persen atau 8,1 persen di atas realisasi penyaluran pada periode yang sama 2011.

Begitu juga dengan konsumsi avtur yang diperkirakan naik 4,3 persen di atas penyaluran normal. Artinya, perkiraan konsumsi avtur pada masa perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru kali ini lebih tinggi 11,3 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Sementara itu, stok LPG pada periode yang sama mencapai 18,25 persen. Konsumsi LPG masyarakat hingga 8 Januari 2013 ini diperkirakan 11,7 persen di atas rata-rata pasokan harian normal atau 6,7 persen lebih tinggi dari realisasi tahun lalu.

"Stok rata-rata BBM nasional saat ini berada pada level rata-rata 20 hari dan selalu dipertahankan pada level tersebut," tambahnya. Rinciannya yaitu stok BBM antara lain, Premium 16 hari, Solar 20 hari, dan Avtur 22 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com