Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendaraan dari Jakarta Padati Jalur Pantura Tegal

Kompas.com - 23/12/2012, 22:27 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

 

BREBES, KOMPAS.com- Memasuki libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2013, arus kendaraan yang melewati jalur pantura Kabupaten Brebes dan Kota Tegal di Jawa Tengah meningkat, seperti terlihat Minggu (23/12/2012).

Peningkatan arus kendaraan terutama terlihat untuk arus dari barat (Jakarta).             Mobil pribadi bernomor polisi Jakarta, Bandung, dan Bogor nampak memadati jalur pantura.

Bahkan, beberapa di antaranya membawa tumpukan barang di atas atap mobil, seperti layaknya kendaraan pemudik.

Masyarakat memanfaatkan libur Natal dan tahun baru, untuk berkumpul bersama keluarga atau berwisata.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Brebes, Sutriyono memperkirakan, peningkatan arus kendaraan pada libur Natal dan tahun baru sekitar 15 persen.

"Kebanyakan merupakan mobil pribadi," katanya. Meskipun peningkatan hanya sekitar 15 persen, arus lalu lintas nampak padat.

Hal itu terjadi karena kendaraan besar, seperti truk tetap beroperasi pada libur Natal dan tahun baru.

Ini berbeda dengan arus lalu lintas pada libur Lebaran. Pada empat hari sebelum Lebaran, truk dan kendaraan besar lainnya dilarang melintas di jalur pantura, kecuali kendaraan sembako dan bahan bakar minyak (BBM).                

Menurut Sutriyono, menghadapi peningkatan arus kendaraan, pihaknya membantu menyediakan rambu-rambu, serta menyiagakan petugas untuk membantu polisi. "Kalau dibutuhkan sewaktu-waktu, kami tetap siaga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com