Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natal ala Warga Perkampungan di Ambon

Kompas.com - 21/12/2012, 23:50 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Suasana di sejumlah kawasan dan perkampungan di Kota Ambon tampak tak seperti hari-hari biasanya. Menjelang perayaan Natal kali ini, sejumlah lorong dan gang di perkampungan warga tampak dihiasi berbagai jenis lampu hias dan pohon Natal. Pantauan di sejumlah kawasan di Kota Ambon, Jumat (21/12/2012), selain memasang sejumlah lampu hias dan pohon Natal, sejumlah permukiman warga di Ambon juga tampak ditata rapi tak seperti hari-hari biasanya.

Tak hanya itu, nuansa Natal juga mulai terasa dengan adanya berbagai spanduk ucapan selamat Natal yang hampir terpampang di sejumlah kawasan di Ambon. Sejumlah warga Ambon juga terlihat ramai memakai atribut Natal seperti topi yang digunakan sinterklas. Di kawasan Belakang Soya, Kecamatan Sirimau, misalnya, warga menyambut datangnya Natal dengan cara melukis di tembok. Lukisan-lukisan mereka sangat indah dan membawa pesan-pesan Natal yang penuh damai.

Sejumlah warga kepada Kompas.com, Jumat (21/12/2012), mengatakan, saat menjelang Natal, biasanya warga selalu menata rumah-rumah dan lingkungan untuk menyambut datangnya Natal. Nuansa seperti ini hanya bisa ditemukan saat menjelang Natal.

"Ini sudah menjadi kebiasaan warga di Ambon. Saat menjelang Natal, biasanya warga menata rumah-rumah dan lingkungan. Ada yang memasang lampu hias dan juga melukis," kata Andre Maliholo.

Warga lainnya, Adolof Pentury, mengakui, antusiasme warga sangat tinggi dalam menyambut sukacita Natal. Hal itu ditunjukkan dengan upaya bersih-bersih lingkungan dan pemasangan lampu hias di setiap gang dan lorong. Ia berharap Natal kali ini akan membawa perubahan berarti bagi kehidupan persaudaraan masyarakat di Maluku nanti.

"Kita berharap semoga cinta kasih Kristus dan Natal kali ini dapat membawa perubahan berarti dalam kehidupan antarsesama orang bersaudara di Ambon," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com