Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Lumpur Genangi Rumah Warga Rokatenda

Kompas.com - 21/12/2012, 14:43 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

BORONG, KOMPAS.com - Hujan lebat yang terjadi di sekitar Gunung Rokatenda, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT, Kamis (20/12/2012) kemarin, ternyata membuat perkambungan di Rokatenda di Pulau Palue digenangi banjir lumpur dari lereng gunung.

Meskipun berdasarkan hasil pengamatan Badan Geologi di Ropa, menyatakan gunung tersebut berada dalam status siaga 3, namun aktivitas Rokatenda mengalami peningkatan. Hal itu ditandai dengan semakin menebalnya abu vulkanik yang dimuntahkan dari mulut kawah.

Bupati Kabupaten Sikka, Sosimus Mitang, Jumat (21/12/2012) menjelaskan hal itu saat dihubungi dari Borong. Mitang menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sikka saat ini sedang mengantisipasi arus warga yang mengungsi ke Kota Maumere.

Pemerintah, kata Mitang, sudah mendistribusikan makanan, alat masker kepada warga masyarakat yang hendak mengungsi ke Maumere, Ibukota Kabupaten Sikka maupun ke Ropa, Kabupaten Ende. Selain itu, pendistribusian air minum bersih juga dilakukan untuk warga masyarakat yang mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com