Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.150 Personel Amankan Natal di Sulut

Kompas.com - 21/12/2012, 09:41 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Sebanyak 3.150 personel dari berbagai kesatuan pengamanan akan mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di Sulawesi Utara dalam Operasi Lilin 2012.

"Personel-personel ini akan disebar di 182 pos pengamanan," ujar Kepala Polda Sulut Brigjen (Pol) Dicky Atotoy di Lapangan Mega Mas Manado ketika memimpin Gelar Pasukan Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Jumat (21/12/2012) pukul 09.00 Wita. Selain melibatkan jajaran di seluruh wilayah Polda Sulut, gelar pasukan ini juga melibatkan pasukan TNI dan satuan pengamanan lainnya.

Danrem 131 Santiago, Brigjen TNI Johnny L Tobing, mengatakan siap mendukung Polri dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru. "Pasukan yang saya bawa dalam Gelar Pasukan pagi ini sebagai tanda kesiapan jajaran kami untuk ikut serta dalam Operasi Lilin," ujar Tobing.

Gelar Pasukan Operasi Lilin ini merupakan bagian dari Gelar Pasukan yang digelar oleh Mabes Polri di seluruh Polda di Indonesia yang akan berlangsung selama 10 hari dari tanggal 23 Desember 2012 hingga 1 Januari 2013.

"Gelar pasukan ini sebagai bentuk kesiapan semua unsur perkuatan yang terlibat dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru," ujar Kapolda membacakan sambutan Kapolri.

Khusus di Sulawesi Utara, Kapolda Dicky Atotoy mengatakan, pengamanan juga akan menitikberatkan pada pintu-pintu masuk, seperti di perbatasan Bolaang Mongondow dan daerah Nusa Utara serta Bitung. "Hal ini terkait dengan peningkatan ancaman keamanan di Poso, Sulawesi Tengah," ujar Atotoy.

Selain itu, semua personel akan berjaga di tempat-tempat umum, seperti di gereja, tempat rekreasi, mal, dan tempat keramaian lainnya. "Kami juga telah melakukan razia-razia yang terkait dengan kerawanan dan ketertiban warga, seperti razia senjata tajam dan minuman keras," tambah Atotoy.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Sulut Djaouhari Kansil menyatakan dukungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terhadap Operasi Lilin yang digelar Polda. "Kami sangat berterima kasih dengan digelarnya Operasi Lilin ini sehingga dapat memberikan rasa kenyamanan bagi warga yang akan melaksanakan perayaan Natal," ujar Kansil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com