Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada 2013, Berakhir Sudah Pesta Keluarga

Kompas.com - 21/12/2012, 05:10 WIB

Tahun 2012 segera berakhir. Makmun Ibnu Fuad segera menjadi Bupati Bangkalan, Jawa Timur, menggantikan ayahnya, Fuad Amin. Makmun berpasangan dengan Mondir Rofii. Mereka terpilih dalam pemilihan umum kepala daerah, yang sering disebut pesta demokrasi. Selain Makmun adalah anak Bupati Bangkalan, Mondir adalah adik kandung Syafik Rofii, yang kini menjabat Wakil Bupati Bangkalan.

Makmun-Mondir dipilih rakyat Bangkalan. Undang-Undang Dasar 1945 tak melarang anak mencalonkan diri dalam pilkada untuk menggantikan ayahnya atau seorang adik maju menggantikan kakaknya. Tak ada aturan hukum yang dilanggar karena rakyat yang menjadi penentu.

Makmun tak sendirian. Tahun 2012 Ahmed Zaki Iskandar terpilih sebagai Bupati Tangerang, Banten. Ahmed menggantikan ayahnya, Ismet Iskandar, yang tak mungkin mencalonkan diri lagi. Konstitusi membatasi masa jabatan kepala daerah, juga kepala negara, dua periode.

Makmun dan Ahmed bukan orang pertama yang terpilih oleh rakyat untuk menggantikan ayah mereka memimpin daerah. Sebelumnya ada Ni Putu Eka Wiryastuti yang sejak 2010 menjadi Bupati Tabanan, Bali. Ia menggantikan ayahnya, N Adi Wiryatama, yang dua periode memimpin.

Ada juga Tubagus Iman Aryadi yang menjadi Wali Kota Cilegon, Banten, sejak 2010. Ia menggantikan ayahnya, Tubagus Aat Syafaat, yang tak bisa dipilih lagi.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, ada Rita Widyasari yang menjadi bupati sejak tahun 2010. Rita tak langsung menggantikan Syaukani HR, ayahnya, yang terbelit kasus korupsi tahun 2006.

Istri juga tampil

Seperti tahun sebelumnya, tak hanya anak yang tampil sebagai penerus kepemimpinan keluarga di suatu daerah. Tahun 2010 juga memunculkan fenomena istri terpilih sebagai kepala daerah, menggantikan suaminya yang tak mungkin mencalonkan diri. Ada Anna Sophanah yang menjadi Bupati Indramayu, Jawa Barat, menggantikan suaminya, Irianto MS Syafiuddin, atau Sri Surya Widati sebagai Bupati Bantul, DI Yogyakarta, menggantikan suaminya, Idham Samawi.

Di Jawa Timur ada Haryanti Sutrisno yang menggantikan suaminya, Sutrisno, sebagai Bupati Kediri. Tahun ini Jawa Timur juga memunculkan Puput Tantriana Sari yang terpilih sebagai Bupati Probolinggo, menggantikan suaminya, Hasan Aminudin.

Di Jawa Barat tahun ini memunculkan Atty Suharti Masturi sebagai Wali Kota Cimahi. Ia terpilih menggantikan Itoch Tochija, suaminya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com