Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati: Ini Natal Terakhir di Lapangan Sidomulyo

Kompas.com - 21/12/2012, 01:25 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Bupati Semarang Mundjirin memastikan perayaan Natal di lapangan Sidomulyo, Ungaran tahun 2012 ini adalah yang terakhir. Sebab pada tahun-tahun berikutnya, kegiatan serupa akan dipindahkan ke Alun-alun Kalirejo yang akan segera berfungsi pada tahun 2013.

"Perlu dipahami bahwa alun-alun mini atau lapangan Sidomulyo saat ini belum menjadi halaman Masjid. Akan tetapi kita sudah memikirkan bahwa tahun depan kegiatan Natal umat Kristiani di Ungaran akan kita pindahkan di Alun-alun Kalirejo yang saat ini masih dalam proses finishing. Jadi natalan di lapangan Sidomulyo tahun ini adalah yang terakhir," kata Mundjirin, melalui sambungan telepon, Kamis (20/12/2012) malam.

Penataan lapangan Sidomulyo, lanjut Mundjirin, tidak semata-mata karena persoalan perayaan Natal yang sedang ramai dibicarakan ini. Akan tetapi lebih untuk memisahkan kawasan hiburan dengan pemerintahan serta kawasan masjid. Seperti halnya PKL yang akan segera dipindah ke Alun-alun Kalirejo karena aktivitasnya cukup mengganggu peribadatan di masjid.

"Sekarang kesannya masih semerawut, ada PKL, ada yang nyetel musik keras-keras, padahal di masjid sedang adzan, sedang ada kegiatan. Tahun 2013 nanti semua kegiatan hiburan dan juga PKL akan dialihkan ke Alun-alun Kalirejo yang saat ini tinggal menunggu penanaman rumputnya saja," katanya.

Sementara itu, Kamis (20/12/2012) siang tadi Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Semarang bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat menggelar silaturahmi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopida) di pendopo rumah dinas Bupati Semarang. Dalam kesempatan itu, mereka mendeklarasikan bersama untuk saling menjaga kondusivitas, khususnya dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com