Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Gajah Mengamuk Gegerkan Warga Tebo

Kompas.com - 20/12/2012, 15:19 WIB

JAMBI, KOMPAS.com - Sedikitnya 20 ekor gajah mengamuk sehingga menggegerkan warga Desa Tanjung Sepucuk, Jambi, Kecamatan Tujuh Koto, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi sejak sepekan terakhir.

"Kawanan gajah ini masuk ke perkampungan dan hanya 500 meter dari pemukiman warga sejak satu minggu ini," ujar Tarmizi (45) salah seorang warga Desa Tanjung Sepucuk Jambi, ketika dihubungi di Muaratebo, Ibu Kota Kabupaten Tebo, Kamis (20/12/2012).

Menurut dia, kawanan gajah yang terdiri dari anak anak dan induk gajah tiba tiba datang masuk ke perkebunan dan merusak tanaman sawit maupun karet warga. Akibat amukan gajah itu, puluhan hektar kebun sawit dan karet warga rusak dan terancam tidak berproduksi. "Karena sawit itu dimakan pelepah mudanya, kalau karet ditumbangkan oleh gajah gajah ini. Sehingga tidak mungkin lagi berproduksi," katanya.

Demi mengantisipasi kerusakan dan kerugian yang lebih banyak, warga setempat berinisiatif untuk mengusir kawanan gajah beramai ramai. "Kami usir dengan berteriak teriak atau menyalakan api di sepanjang jalan. Namun, saat diusir gajah pergi, tapi selang hari datang dan merusak perkebunan warga kembali," ujar Bujang, salah seorang warga lainnya.

Selain berinisiatif mengusir kawanan gajah secara beramai ramai. Warga Desa Tanjung Sepucuk Jambi juga sudah melaporkan kejadian itu kepada pihak berwenang. "Kami sudah melapor ke kepala desa. Dan informasinya sudah dilaporkan ke Pemkab Tebo dan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA). Namun sampai sekarang belum ada tim yang turun," tambah Bujang.

Sementara itu, pihak BKSDA hingga berita ini ditulis belum bisa dikonfirmasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com