Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal, BI Ambon Buka Kas Keliling

Kompas.com - 19/12/2012, 18:42 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Bank Indonesia cabang Ambon kembali membuka kas keliling guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi penukaran uang yang semakin meningkat jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Transaksi penukaran uang keliling berlangsung selama dua pekan jelang hari Natal, ini dilakukan guna mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan uang kecil," kata Deputi Kepala perwakilan BI cabang Ambon, Raden Kuncoro, kepada wartawan di Ambon Rabu (19/12/2012).

Dia mengatakan, penukaran uang BI kas keliling berlangsung tidak hanya berlangsung di Ambon, akan tetapi juga dilakukan di Kabupaten seperti Seram Bagian Barat ( SBB) dan Maluku Tengah.

Di Kota Ambon, kata Koncoro, pihaknya juga melakukan transaksi di instansi pemerintah dan TNI/ Polri yakni Kantor Gubernur Maluku, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Markas Polda Maluku dan Kodam XVI/Pattimura.

"Kami juga melayani masyarakat di pusat perbelanjaan Ambon Plaza dan sejumlah pasar untuk memberikan pelayanan penukaran uang receh kepada masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, kas keliling dilakukan untuk memudahkan masyarakat agar tidak berdesak-desakan melakukan penukaran uang di BI. "Penukaran uang di kota Ambon hingga Rabu (18/12/2012) hari ini sudah mencapai Rp 33 miliar. Hal ini menandakan kebutuhan masyarakat untuk menukarkan uang kecil untuk hari raya cukup tinggi," ujarnya.

Dia jelaskannya, nominal uang yang dipersiapkan untuk kas keliling yakni pecahan Rp 20.000, Rp10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp1.000. "Pecahan Rp 5.000 dan Rp 2.000 paling diminati masyarakat untuk dilakukan penukaran," katanya.

Kuncoro menambahkan, pihaknya juga telah mendistribusikan uang pecahan kecil ke seluruh bank di Ambon serta kantor cabang di Maluku,"Kami pastikan masyarakat terlayani untuk penukaran uang kecil," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com