Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Mulai Naik, Daging Sapi Rp 90.000 Per Kg

Kompas.com - 19/12/2012, 14:21 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2013, harga daging sapi dan daging ayam di Pasar Gede, Solo, mulai merangkak naik. Harga daging sapi per kilogram mencapai Rp 90.000, sedangkan daging ayam naik Rp 5.000 dari harga awal Rp 20.000.

Salah seorang pedagang daging sapi, Hastuti, mengatakan, kenaikan sudah berlangsung sekitar sepekan lalu. Pedagang pun menduga musim penghujan menjadi penyebabnya. "Sudah sepekan ini naik, harganya mencapai Rp 90.000-an. Mungkin karena musim hujan, distribusinya terhambat," katanya.

Akibat kenaikan harga tersebut, pendapatan para pedagang daging sapi pun menurun. Pedagang khawatir, Natal dan Tahun Baru masih sepekan ke depan, sementara harga belum turun. Mereka lalu berharap pemerintah segera mengatasi masalah ini.

Hal yang sama juga dialami oleh pedagang daging ayam, Haryati (56). Meskipun belum terasa imbasnya, harga daging ayam per kilogram sudah mencapai Rp 25.000. "Lebih kurang seminggu ini naik Rp 5.000, dan biasanya setiap menjelang Natal dan Tahun Baru harga mengalami kenaikan," katanya.

Baik pedagang daging ayam maupun sapi sependapat bahwa setelah pergantian tahun, harga biasanya akan normal kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com