Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMP Sulut 2013 Tertinggi di Sulawesi

Kompas.com - 19/12/2012, 11:46 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS - Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo Harry Sarundajang menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Sulut untuk tahun 2013 sebesar Rp. 1.550.000. Keputusan itu ditetapkan Sarundajang pada Selasa (18/12/2012) kemarin.

"Ini sebagai wujud kepedulian untuk mengangkat taraf hidup pekerja di Sulut," ujar Staf Khusus Gubernur Bidang Komunikasi Publik, Michael Umbas mewakili Gubernur.

Angka UMP tersebut merupakan nilai tertinggi dibandingkan seluruh provinsi di Pulau Sulawesi. UMP Provinsi Sulawesi Selatan hanya pada angka Rp. 1.440.000. "Penetapan ini juga melebihi dari tuntutan para pekerja," ungkap Umbas.

Penetapan UMP 2013 ini juga lebih awal dari jadwal yang semestinya akan ditetapkan pada awal Januari 2013. Tetapi Gubernur memandang seluruh kajian sudah final dan tinggal persoalan administrasi. "Jadi buat apa ditahan lagi," kata Umbas

Sebelumnya pada minggu lalu ratusan buruh yang berasal dari Manado, Bitung dan Minahasa melakukan demo menuntut agar UMP 2013 segera ditetapkan. Para pendemo meminta agar pemerintah daerah lebih memperhatikan nasib para pekerja. Pada kesempatan itu Sarundajang berjanji untuk menaikkan UMP 2013. "Tetapi jangan terlalu tinggi, nanti Sulut akan dibanjiri pekerja dari luar," kata Sarundajang kala itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com